☺☺☺ Learn, Share, and Stay Up To Date ☺☺☺

Senin, 31 Desember 2012

Business Online dan Distro

               
                Saya memilih usaha Distro dan Shop Online karena kebetulan saat sekarang ini  sedang hangat-hangatnya Shop Online dan sudah saya jalankan beberapa bulan ini dimana Shop Online saya bisa di lihat :  http://www.bandung-collections.blogspot.com/.
            Baiklah kita langsung saja ke pembahasan, usaha ini saya jalankan dengan patner kerja dimana saya yang mengelola dan beliau yang memberikan modal hm…. itung-itung nyambi kuliah lah, kan peran saya disini adalah seorang manager,  jadi tidak perlu selalu terus menjaga toko, apalagi Shop online bisa  kita jalankan diwaktu-waktu senggang kuliah. Dan saya di bantu beberapa teman karyawan.
            Usaha ini sebenarnya sudah saya jalankan mulai 1 bulan yang lalu dan samapai sekarang ini tentunya. Tapi gak apa-apalah itung-itung shering perjalanan saya membuka distro dan shop online.
            Proses Usaha Distro dan Shop Online Prosesnya sih tidak serumit yang kita bayangkan. Kita hanya menyediakan dan menjual barang ke pembeli baik secara online atau pembeli yang langsung datang ke toko kita. Saya juga memberikan peluang usaha bagi masyarakat-masyarakat kecil yang tidak punya modal, dengan cara kita memberikan barang kita untuk dijual lagi dengan keuntungan bagi hasil, dan memberikan potongan bagi pembeli yang mengambil barang secara grosir (untuk dijual kembali).
Proses jual beli secara online, yang pertama kita harus membuka Shop Online aitu membuka Toko atau tempat menyimpan barang-barang yang kita jual baik yang berbayar ataupun kita bisa membuka shop onlin di situs penyedia blog gratis yang diantaranya : Bloger, Wordpress dll. Kebetulan saya disini memakai bloger Shop online saya bisa di kunjungi di :  http://www.bandung-collections.blogspot.com/. Tapi tidak sampai disitu kita juga harus memasang iklan dibeberapa situs penyedia iklan baik yang berbayar maupun yang gratis dan kebetulan saya disini memakai beberapa situs iklan yang gratis di antaranya: Toko Bagus, Berniaga dll. Contoh iklanbisa lihat di: http://fashion-wanita.tokobagus.com/mantel-jaket/jaket-wanita-14809658.html  Wah pokonya asik deh….  Dan kita juga bisa memanfaatkan jejaringan social untuk mempromosikan barang, jadi selain kita bias ol chating sama teman-teman, kita juga bisa sambil Bisnis.  buka Page atau Group di jejaring social contohnya di fb : https://www.facebook.com/pages/Bandung-Collections/462225927148783.
Target utama usaha ini adalah teman orang-orang yang sering melakukan jual beli online, pelanggan Bakso Bakar (karna kebetulan di tempat took saya bersampingan dengan Bakso Bakar yang berdiri sudah cukup lama dan pelanggannya dari berbagai pelosok negeri), masyarakat yang tidak punya modal dan punya keinginan untuk menjalankan usaha.
Perencanaa MSDM
Rencananya saya akan mengankat 2 karyawan untuk membantu untuk mengelola usaha saya, dimana akan dibagi 2 ship yaitu shif pagi samapi siang dan siang sampai malam.
 Pengadaan MSDM
            Untuk pengadaan MSDM, saya langsung mengambil teman-teman saya yang tidak punya kerjaan alias pengangguran. Saya memilih mereka karena yang saya lihat pertama adalah latar belakang, karena tentunyakalau teman sendiri sudah tau latar belakang mereka sedang MSDM bias kita asah.
Pengembangan MSDM
            Saya melakukan penyuluhan rutin atau secara tiba-tiba ketika muncul permasalahan, memberikan contoh langsung bagaimana melayani konsumen, mencatat pembukuan dll.
Pemeliharaan MSDM
            Memberikan shering (bagi hasil) setiap mereka melakukan penjualan misalkan setiap mereka menjual 1 potong diberikan shering Rp. 5000,- jadi selain gajih pokok mereka juga akan mendapatkan shering, untuk menambah semangat dalam bekerja. Melakukan liburan baik rutin (wisata) atau memberikan konsekwensi kalau ada acara peribadi, memberikan tunjangan untuk hari-hari besar, dan memberikan nasehat-nasehat yang sifatnya membangun dan memotifasi baik secara individu ataupun kelompok.
Penggunaan MSDM
            Penggunaan MSDM kita harus menggunakan MSDM secara maksimal dimana kita memberikan waktu untuk bersantai-santai (menganggur) sehingga karywan akan merasa jenuh.  Memberikan waktu istirahat yang cukup. Dan ketika ada masukan dari karyawan kita tanggapi dan teliti ulang, Kalau ternyata masukannya benar kita bias ambil.
**Mungkin hanya itu yang bias saya Share and saya mengharapkan koment or masukannya terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar